Sejarah Stasiun Manggarai

Sejak tahun 1913, Staatsspoor en Tramwegen (SS) menguasai seluruh jalur kereta di Batavia.  SS kemudian menata ulang jalur Kereta Api, antara lain membongkar stasiun Bukitduri (dipo KRL saat ini) eks-NIS dan membangun stasiun baru di Manggarai.

Stasiun Manggarai mulai di bangun pada tahun 1914 dan selesai pada tangga 1 Mei 1918. Pembagunan selama kurang lebih 4 tahun ini, walaupun masih belum beres 100%. Jalur kereta Jakarta Bogor ini sudah di bangun oleh perusahaan Belanda Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada abad 17 tepatnya tahun 1873. Asal muasal wilayah Manggarai, dahulu merupakan tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai Flores.  Pembangunan stasiun Manggarai ini adalah seoran arsitek Belanda yang bernama Ir. J Van Gendt, selain itu juga rumah dinas pegawaikereta api seputar Stasiun.


Sejak dibangun, tidak ada perubahan yang berarti pada bangunan stasiun ini. Pada saat diresmikan, bangunan ini sebenarnya belum selesai secara keseluruhan. Atap besi tidak dapat didatangkan karena meletusnya perang dunia I. 


Stasiun Manggarai ini menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia yakni pada tanggal 3 Januari 1946, Kereta Luar Biasa (KLB) mengangkut rombongan Presiden Soekarno Ke Jogjakarta.
Share on Google Plus

About My Manggarai

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar