Stasiun Manggarai


Stasiun Manggarai berada di ketinggian 13 m dpl dengan mempunyai kode MRI. Di Jakarta Stasiun Manggarai ini merupakan stasiun kereta api terbesar. Stasiun ini merupakan titik pertemuan jalur comuter line Jabotabek. Yang melayani rute Bogor, Depok, Jatinegara, Bekasi dan Jakarta Kota. Stasiun ini juga merupakan persimpangan dari tujuh arah, Jakarta Kota, Tanah Abang, jatinegara, Bogor, Dipo KRL Bukit Duri, Pengawas urusan kereta dan Balai Yasa Manggarai.


Saat ini stasiun Manggarai menjadi tempat transit penumpang yang mau ke Bekasi, Bogor, Jatinegara. Sehingga pada jam sibuk sangat terasa sekali keseibukan di Stasiun ini. Stasiun ini juga berfungsi sebagai Dipo penyimpanan kereta api kelas bisnis dan ekseutif yang di parkir di sini yang akan melanjutkan ke Stasiun Gambir dan jakarta kota.

Bersebelahan dengan dipo dan stasiun Manggarai ini terdapat Balai Yasa Manggarai , yang merupakan bengkel untuk melakukan perawatan rutin dan mereparasi kereta-kereta penumpang. Kemudian, tidak jauh di selatan stasiun ini terletak dipo KRL Bukit Duri, tempat penyimpanan dan perawatan harian aneka kereta rel listrik. Awalnya dipo ini juga menyimpan lokomotif diesel, namun semuanya dipindahkan ke dipo di Jatinegara dan Tanah Abang. Sejak pengoperasian Commuter Line stasiun ini menjadi semakin padat. Jumlah penumpang naik dan turun yang banyak membuat perusahaan restoran dan pertokoan waralaba  internasional membuka cabang di sini; seperti KFC, 7_eleven, dll
Share on Google Plus

About My Manggarai

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar